Langsung ke konten utama

Perilaku Konsumen

Informasi Diri
Muhammad Najieb Haitami

Departement of Manajemen (www.manajemen.fem.ipb.ac.id)
Faculty of Economic dan Management (www.fem.ipb.ac.id)
Bogor Agricultural University (www.ipb.ac.id)

Mata Kuliah yang Diampu
IKK233 Perilaku Konsumen (Consumer Behavior Class)
Department of Family and Consumer Sciences (www.ikk.fema.ipb.ac.id)
College of Human Ecology (www.fema.ipb.ac.id)
Bogor Agricultural University  (www.ipb.ac.id)

Dosen Kuliah
Prof Dr Ir UJANG  SUMARWAN, MSc
(www.sumarwan.staff.ipb.ac.id, www.ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id, sumarwan@mb.ipb.ac.id)
Dr. Ir. Lilik Noor Yuliati, MFSA
Dr. Ir. Megawati simanjuntak, MS
Ir. Retnaningsih, MS
Ir. Md djamaluddin, MSc


BAB I PENDAHULUAN
1. Definisi Perilaku Konsumen
Schiffman dan Kanuk (2010) menyatakan, “istilah perilaku konsumen adalah perilaku yang diperlihatkan oleh konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan menghabiskan produk atau jasa yang mereka harapkan akan memuaskan kebutuhan mereka.”
Sedangkan Sumarwan (2010) menyatakan, “perilaku konsumen adalah semua kegiatan, tindakan, serta proses psikologis yang mendorong tindakan tersebut pada saat sebelum membeli, ketika membeli, menggunakan, menghabiskan produk dan jasa setelah melakukan hal-hal di atas atau kegiatan mengevaluasi.”

2. Perpektif Riset Perilaku Konsumen
Riset perilaku konsumen terdiri dari tiga perspektif
Perspektif pengambilan keputusan
Konsumen memiliki masalah dan melakukan proses pengambilan rasional untuk memecahkan masalah tersebut.
Perspektif pengalaman
Konsumen mengambil keputusan pembelian bukan karena masalah, melainkan untuk emosional yang mereka inginkan.
Perspektif pengaruh perilaku
Konsumen mengambil keputusan pembelian bukan karena alasan rasional atau emosional (faktor internal), melainkan oleh faktor eksternal seperti pemasaran, ekonomi, lingkungan, dan lainnya.

3. Proses Pengambilan Keputusan
Terdapat 4 tahap proses keputusan
  1. Pengenalan Kebutuhan
  2. Pencarian Informasi
  3. Evaluasi Alternatif
  4. Pembelian dan Kepuasan

Tiga faktor utama yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan konsumen, yakni
  1. Strategi pemasaran
  2. Perbedaan individu

Menggambarkan karakteristik individu yang muncul dari dalam diri konsumen dan proses psikologis yang mempengaruhi proses keputusan konsumen seperti motivasi, kepribadian, konsep diri, pengolahan informasi dan persepsi, sikap, pengetahuan, agama, dan proses belajar.
3. Faktor lingkungan
Seperti keluarga, lingkungan dan situasi konsumen, karakteristik demografi-sosial-ekonomi, budaya, dan teknologi.

BAB II MOTIVASI DAN KEBUTUHAN
1. Motivasi
Motivasi muncul karena adanya kebutuhan yang dirasakan oleh konsumen. Kebutuhan tersebut muncul karena merasa adanya ketidaknyamanan antara keadaan aktual dan yang seharusnya dirasakan.

2. Kebutuhan
Kebutuhan dapat berasal dari faktor diri konsumen (fisiologis) dan juga dapat berasal dari faktor luar konsumen.
Kebutuhan dapat bersifat primer, sekunder (self-esteem, prestige, affection, power) yang menunjukkan reaksi konsumen terhadap lingkungan dan budayanya, dan motif.
Kebutuhan yang dirasakan (felt needs) dibedakan menjadi kebutuhan utilitarian (utilitarian needs) yang tujuan pembelian untuk memperoleh manfaat fungsional, serta expressive needs untuk kebutuhan yang bersifat psikologis.

3. Tujuan (Goals)
Tujuan dibedakan menjadi generic goals dan product-specific goals.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Mobdro: Aplikasi Buat Streaming Lengkap dan Gratis!

Pernah gak sih di saat kalian lagi pengen nonton pertandingan klub favorit, tapi sayangnya gak ditayangin di TV Lokal? Gue yakin jawabannya sering sih. Apalagi bagi kalian yang klub favoritnya manggung di Serie A atau di Bundesliga, yang jarang banget ditayangin di TV Lokal. Bahkan yang klub favoritnya di EPL pun bisa jadi jarang ditayangin juga, karena TV Lokal cuma tayangin 3 dari 10 pertandingan di tiap minggunya.

Nah buat kalian yang ngalamin masalah kayak gitu, kalian tepat banget nih berkunjung ke artikel ini. Jadi di sini gue bakal bahas aplikasi android yang bisa ngebuat kalian bisa nonton seluruh pertandingan klub favorit kalian! Yoi, let me introduce you to Mobdro!


Mobdro adalah aplikasi yang memungkinkan kita untuk streaming Channel TV luar negeri secara GRATIS! Nah jadinya kalian ga perlu lagi buat repot ngegoogling web mana yang nyediain streaming, tapi cukup cari Channel TV luar yang nayangin pertandingan yang lu mau. Trus buka aplikasi Mobdro, dan cari Channel TVnya. Ke…

Review Film: PK, Film Terbaik setelah 3 Idiots

Hallo guys!! Kali ini gue mau nge-review film PK. Film yang mampu menggeser Film 3 Idiots dari daftar film terbaik versi gue, hehe.
“Hah apaan tuh PK? Persamaan Kuadrat? Itu film atau mapel SMA? Aneh banget ada yang mengangkat bab di Matematika untuk dijadikan film.”
Hehe, bukan dude, sist. Ini judul film.
Gue pertama tau film ini pas lagi searching film-film terbaru di ganool. Kebeneran tuh covernya si Aamir Khan, yang jadi Ranchodas Shalmadas Chanchad atau Phungsuf Wangdu di film 3 Idiots. Menariknya, setelah gue cari-cari info tentang film ini di google, gue dapet info kalo yang jadi produsernya adalah produser film 3 Idiots juga. Wih saik!
Gue baca lagi, ternyata genre filmnya Comedy Drama juga. Juga? Iya sama kayak genre film 3 Idiots nih. Ada kekhawatiran juga sih film ini bakalan gak sesuai dengan ekspetasi. Tapi untuk menjawab pertanyaan itu dan antisipasi penyesalan sebelum download adalah.. LIAT DULU TRAILERNYA KAYAK GIMANA!

Nih trailernya, setelah liat trailer gue makin ma…

Persiapan Dasar Menyambut Kehidupan Pasca-Kampus

Udah seminar hasil? Atau bahkan udah sidang? Selamat ya, salah satu tanggung jawab besar dalam hidup udah berhasil lo tuntaskan. Silahkan rayakan, lo pantes untuk mengapresiasi diri lo untuk menyelesaikan fase itu. Iya, salah satu. Karna ada fase lain lagi yang udah menanti lo saat ini, yaitu masa transisi dari dunia kampus ke dunia kerja. Dan yang namanya masa transisi pasti lebih banyak ga enaknya. Gimana kita harus diusir dari satu wadah yang selama ini udah nyaman berada di sana. Ketika lo udah megang SKL (Surat Keterangan Lulus), status mahasiswa lo udah langsung gugur, berganti jadi status job seeker/unemployment/jobless/nganggur. Beruntung bagi mereka yang udah mempersiapkan diri untuk menghadapi fase ini. Dan sialnya kalau golongan yang gak beruntung itu adalah elu, yang begitu lulus bener-bener kosong gatau mau apa dan gatau harus mulai dari mana. Itu yang gue alami btw -_- -
Btw, tulisan gue kali ini bakal gue persempit dengan topik self-financial management dan target pembacany…